5 Jenis Ikan yang Ternyata Berbahaya Jika Dimakan Secara Berlebihan

5 Jenis Ikan yang Ternyata Berbahaya Jika Dimakan Secara Berlebihan - Ikan adalah makanan yang sangat kaya akan sumber vitamin dan protein yang bisa membuat otak kita cerdas. Itulah makanya orang Jepang hampir rata-rata pintar, sebab mereka terkenal sangat gemar mengkonsumsi ikan.

Namun tahukah Anda, bahwa ternyata ada beberapa jenis ikan yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Mengapa demikian? Pasalnya ikan-ikan tersebut memiliki zat-zat berbahaya yang tidak baik untuk kesehatan.

Ikan yang Tidak Boleh Dimakan
Sumber: thinkstockphotos.com

Nah, jenis ikan apa saja itu? Berikut silahkan Anda baca ulasannya di bawah ini.

1. Ikan Nila

Ikan nila adalah jenis ikan air tawar yang paling banyak dikonsumsi oleh orang. Dagingnya yang empuk dan tebal, ditambah durinya yang tidak terlalu banyak, membuat ikan nila jadi makanan favorit.

Namun, ternyata menurut sebuah penelitian, ikan nila banyak mengandung kosentrasi lemak yang berbahaya. Bahkan, kandungan lemak pada ikan nilai juga setara dengan kandungan lemak babi. Jadi, sangat berbahaya jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi ikan nila. Sebab asupan kolesterol ke dalam tubuh akan semakin bertambah dan dapat membuat tubuh jadi sensitif terhadap alergi.

2. Ikan Tuna

Mungkin Anda tak menyangka bahwa ikan yang enak ini juga termasuk ke dalam salah satu jenis ikan yang paling berbahaya untuk dimakan. Namun nyatanya memang demikian, hal ini dikarenakan ikan tuna banyak mengandung zat merkuri, terutama ikan tuna sirip hitam dan biru.

3. Ikan Dolar

Ikan Dolar (Oilfish) merupakan jenis ikan yang mengandung zat gempylotoxin. Ya, walaupun zat gempylotoxin tidak terlalu merugikan, tapi zat tersebut sangat sulit untuk dicerna tubuh. Jadinya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak tentu dapat mengakibatkan masalah pencernaan.

4. Ikan Makerel

Sama halnya dengan ikan tuna, ikan makerel juga banyak mengandung zat merkuri yang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi, ikan makerel yang ditangkap di perairan Samudera Atlantik yang terkenal dengan kandungan zat merkurinya.

5. Ikan Lele

Sebenarnya ikan lele tidak masalah untuk dikonsumsi. Namun yang jadi masalah sejumlah peternak nakal suka memberi hormon tertentu agar lelenya tumbuh lebih besar dari ukuran normalnya. Nah, jika zat tersebut sampai ke perut manusia, tentunya sangat berbahaya, bukan? Jadi, usahakanlah untuk mengkonsumsi ikan lele yang tumbuh secara alami.

Kelima jenis ikan di atas sebenarnya sah-sah saja untuk Anda konsumsi. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan sangat berbahaya, dikarenakan ikan-ikan tersebut memiliki kandungan zat yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Saya hanya seorang blogger pemula yang ingin memberikan informasi bermanfaat untuk para pembaca.

=> Silahkan berkomentar dengan sopan & bijak
=> Mohon jangan menyisipkan link aktif/ SPAM
=> Segera mungkin saya akan berkunjung balik
EmoticonEmoticon